Screen Shot 2021-08-23 at 20.12.16

Fakultas Syariah melaksanakan PBAK Garuda Secara Virtual

Senin, 23 Agustus 2021 bertempat di Aula RAFAH Tower UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Syariah dan Hukum menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum yang Nasionalis, Religius, serta berinovasi dalam menghadapi Era 5.0”. Kegiatan PBAK Fakultas ini diikuti lebih dari 600 peserta dan di jadwalkan akan berlangsung selama dua hari yakni 23-24 Agustus 2021.

Kegiatan PBAK 2021 dilakukan semi online, Sebagian mahasiswa baru mengikuti PBAK secara virtual melalui aplikasi zoom dan Sebagian kecil perwakilan mengikuti seca langsung dengan Protokol Kesehatan. PBAK dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang Dr. Marsaid, MA., dan di hadiri oleh Wakil Dekan I Dr. Muhammad Torik Lc, MA, Wakil Dekan II Fatah Hidayat, S.Ag, M.Pd.I dan Wakil Dekan III Dr. Siti Rochmiatun, M.Hum, Ketua DEMA Fakultas Syariah dan Hukum dan beberapa civitas akademika FSH UIN Raden Fatah Palembang.

Pada kegiatan ini Yoga Prasetyo selaku DEMA Fakultas Syariah dalam orasinya pada intinya menyampaikan bahwa mahasiswa baru adalah para generasi penerus di masa yang akan datang. Orasi kemahasiswaan dilanjutkan dengan sambutan Dr. Marsaid, MA., selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum sekaligus membuka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Dalam sambutannya beliau menjelaskan banyak hal tentang tantangan yang akan di hadapi oleh mahasiswa baru ke depannya selaku agen perubahan. Lebih lanjut, menurut beliau dunia kampus adalah dunia yang berbeda dengan dunia SMA atau SLTA yang selama ini hanya bergulat dengan ilmu-ilmu yang sudah jadi dan siap pakai, hal ini tentu berbeda dengan dunia kampus yang akan lebah banyak membahasa teori-teori dan konsep-konsep. Sambutan ini di akhiri dengan pembukaan kegiatan PBAK secara resmi oleh Dekan.

Acara PBAK digelar selama dua hari, dengan Lima pembicara, dua pembicara pada hari pertama yakni Dr. Muhammad Torik, Lc., MA selaku Wakil dekan Satu dengan materi pengenalan akademik fakultas, dan Dr. H. Ikral,  S. Ag. MM selaku Kepala Seksi kemasjidan yang menggantikan bapak Kakanwil Kemenag Sumatera Selatan. Pada hari kedua dilanjutkan dengan 3 pemateri lainnya yakni dari KPU Kota Palembang Syawaluddin, SHI (Ketua), Rudianto (Ketua Forum Mahasiswa Sumsel, dan Ahmad Rivai, SH (Ketua Kaderisasi IPNU SumSel).

 

 

Tags: No tags

Leave a Comment