WhatsApp Image 2021-10-19 at 13.11.39

FSH Gelar FGD Penguatan Koperasi Syariah Pondok Pesantren Bersama Pemprov Sum-Sel

Selasa, 19 Oktober 2021 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Raden Fatah Palembang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Penguatan Koperasi Syariah Pondok Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat”. FGD Kali ini merupakan tindak lanjut MoA dengan Pemprov Sumatera Selatan bidang Perekonomiaan perihal program pendirian koperasi di pondok pesantren. Acara ini sekaligus menjalin MoA dengan beberap Pondok Pesanten di Sumatera Selatan.

FGD ini dilaksanakan di Ruang Munaqasah yang dihadiri sekitar 50 peserta, yakni dari unsur pimpinan FSH, dosen di lingkungan FSH, tamu undangan yakni Biro Perekonomian Pemprov Sumsel, Dinas Koperasi Provensi Sumsel, Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UKM, Forum Dai ekonomi Islam SumSel, Pondok pesantren Muqimus Sunnah, Pondok Pesantren Ittifaqiah dan Pondok pesantren Aulia Cendekia.

Dekan FSH UIN Raden fatah Dr. H. Marsaid, MA Dalam sambutannya menyampaikan agar FGD ini melahirkan suatu konsep bagaimana koperasi syariah pondok pesantren dan pengembangannya. Kegiatan penguatan koperasi syariah ini bisa saling bersinergi antar lembaga terkait, demi pemberdayaan ekonomi syarakat disekitar pondok pesantren khususnya dan di wilayah Sumatera Selatan umumnya.

Biro Perekonomian Pemprov Sumsel, Ibu Nurhayati menyampaikan bahwa penguatan Koperasi Syariah di Pondok Pesantren merupakan salah satu agenda Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.  Kerjasama ini diharapkan bantuan dari Fakultas Syariah dan Hukum yang nantinya kami harap untuk menjadi pembina dalam kegiatan dan pengembangan koperasi syariah.

Dinas Koperasi Sumatera Selatan yang dalam hal Ini diwakili oleh Bapak Wawan Gunawan Se., M.Si selaku Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) menyampaikan, Saat ini Dinas Koperasi masih mendata berapa jumlah Koperasi yang benar-benar syariah, karena menurut beliau banyak koperasi yang mengklaim Syariah namun belum Syariah. Oleh karena itu Pendirian Koperasi Syariah di Pondok Pesantren nantinya harus benar-benar menjadi percontohan bagaimana koperasi Syariah yang sesungguhnya.

Acara dilanjutkan diskusi dan sharing pendapat yang dipandu oleh moderator dan di akhiri sesi foto bersama

Tags: No tags

Leave a Comment