e5b0d99f-f642-47ff-8548-74956cec39c1

Fakultas Syariah mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Materi Ujian Komprehensif

FSH UIN Raden Fatah Palembang – Dalam rangka meningkatkan mutu, Fakultas Syariah mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Orientasi dan Perumusan Materi Ujian Komprehensif”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 16 September 2021 di Aula Fakultas Syariah ini bertujuan untuk menyusun materi ujian komprehensif. FGD dihadiri oleh ketua-ketua prodi dan dosen-dosen lingkup FSH UIN Raden Fatah Palembang secara offline dan online.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. H. Marsaid, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran para pengelola Fakulta Syari’ah dan Hukum, para guru besar dan para dosen FSH senior. “FGD ini diharapkan dapat menghasilkan materi-materi yang harus diujikan pada ujian komprehensif”, jelas beliau.

 

Hadir narasumber Dr. Yazwardi dalam pemaparannya, ia menyarankan agar materi ujian komprehensif ulumul Qur’an dan ulumul Hadits itu digabungkan saja, karena antara al Qur’an dan Hadits itu tidak bisa dipisahkan. Dr. Rina Antasari juga menambahkan, bahwa ujian komprehensif ini adalah induknya kurikulum, apa yang disajikan didalam kurikulum itu sendiri. Sehingga nantinya kita paham sebatas mana kemampuan dari mahasiswa tersebut dalam memahami keilmuan prodi.

Untuk pelaksanaan ujian komprehensif ini seharusnya jangan terlalu lama antara materi yang dipelajari dan materi yang diujikan, saran Drs. Zamzami, M.Ag.

Adapun tujuan pelaksanaan ujian komprehensif ini untuk memastikan mahasiswa Fakulta Syari’ah dan Hukum layak menyandang gelar SH, ujar Prof. Dr. H. Cholidi, MA.

Materi Ujian yang akan diujikan mencangkup enam materi : Ushul Fiqh, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Wawasan Ilmu Hukum, Hafalan ayat al-Qur’an dan Kompetensi Prodi.

 

Tags: No tags

Leave a Comment