Untitled-design-11

Tiga Program Studi FSH Lakukan PkM Serentak di Pagar Alam

Pagar Alam, FSH – Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI), Program Studi Perbandingan Mazhab (PM) dan Program Studi Hukum Ekonomi Islam (HES) UIN Raden Fatah Palembang lakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (dosen dan mahasiswa) pada 27-28 September 2021.

Kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua tempat, yakni di SMA Negeri I Unggul Kota Pagar Alam dan di Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien.

Prodi Perbandingan Mazhab (PM) dengan tema “Moderasi Beragama”. Adapun materi yang disampaikan terkait makna, tujuan & manfaat moderasi beragama, dalil quran & hadits moderasi beragama, maqashid syariah moderasi beragama, fiqh moderasi beragama, dan  moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Team PKM meliputi dosen dan mahasiswa yakni :

  1. Sutrisno Hadi, MA (Dosen)
  2. Syaiful Aziz, M.H.I (Dosen)
  3. Gibtiah, M.Ag (Dosen)
  4. Ahmad Nizam, M.H.I (Dosen)
  5. Ikhwan Fikri, Lc.,LL.M (Dosen)
  6. Endri (Mahasiswa)
  7. Halim Asnawi (Mahasiswa)

Prodi Hukum Pidana Islam (HPI) dengan tema “Penyuluhan Hukum Tentang tindak Pidana Penyalagunaan Narkoba”. Adapun materi yang disampaikan terkait  tentang apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan bahayanya, narkoba dalam perspektif hukum positif, dan narkoba dalam perspektif hkm islam. Team PKM meliputi dosen dan mahasiswa yakni :

  1. M Tamudin, S.Ag., M.H (Dosen)
  2. M. Sadi ‘Is,. S.H.I., M.H (Dosen)
  3. Fadillah Mursid., M.H (Dosen)
  4. Yuli Kasmarani, M.H (Dosen)
  5. Siti Aisyah (Mahasiswa)
  6. Renza Aldika (Mahasiswa)

 

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dengan tema “Zakat Sebagai Kultur Muzakki dalam Peningkatan Ekonomi Umat”. Adapun materi yang disampaikan terkait  tentang apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan bahayanya, narkoba dalam perspektif hukum positif, dan narkoba dalam perspektif hkm islam. Team PKM meliputi dosen dan mahasiswa yakni :

  1. Muhammad Harun, M.Ag (Dosen)
  2. Atika, M. Hum (Dosen)
  3. Fauziah, M.Hum (Dosen)
  4. Lusiana, M.H.I.,M. Esy (Dosen)
  5. Ayu Ardilla (Mahasiswa)
  6. Kurnia Ratih Aprilias (Mahasiswa)

 

Sesi selanjutnya adalah diskusi antara narasumber dengan peserta. Seluruh peserta dapat menanyakan tentang tema yang terkait, selanjutnya pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara mendetail oleh narasumber.

Tags: No tags

Leave a Comment